Memperbaiki grub loader yang hilang

Okaaay ... karena dalam seminggu ini udah dua kali terjadi, maka dibuatlah tulisan ini. Kemaren seorang temen tiba-tiba datang dengan wajah panik bilang kalo linuxnya ilang *macam pitik aja ilang segala. Pas ditanya kok bisa eehhh ternyata dia bilang abis install sepen di lappienya.

Jadi begini .. sebenernya setelah kita menginstall jendela di komputer maupun laptop yang sudah terinstall linux di dalamnya, linuxnya ngga ilang ..sekali lagi ngga ilang. Hanya saja, grub loader yang harusnya muncul pada saat komputer atau laptop booting ngga muncul. Kenapa ?? tanya yang buat jendela aja ya, karena aku juga ngga tahu *kikikikikikikkkk

Dan begini cara benerinnya

  • Punya linux live CD atau live USB ?? ya .. booting komputer kamu dengan itu. Jangan lupa, live CD atau live USB yang dipake sesuai dengan linux yang udah terinstall sebelumnya, pilih mode "Try Ubuntu without any change to your computer"
  • Lanjut ke "terminal", caranya – Application –> Accessories –> Terminal
  • Ketik “$sudo grub” di terminal sampai keluar tanda “>”
  • Kalau masih belum yakin dimana lokasi partisi asal linux nya, coba dipastikan dengan perintah “find /boot/grub/stage1″
  • Masukkan lokasi grub “root (hd*,5)” ,  tanda * disesuaikan dengan hasil dari perintah pada langkahsebelumnya. Kemudian perbaiki dengan mengetikkan “setup (hd*)” , #jengjengjeng grub loader yang hilang sudah kembali.
  • Keluar grub dengan “exit” lalu coba restart komputer atau laptop kamu .. apa yang terjadi ... ???

Leave a Reply