.: Macam key pada basis data :.

First of all ... what is key ?? Dalam ilmu basis data ada beberapa key yang sering digunakan yaitu primary key, foreign key, candidate key dan atau alternate key, tapi tahukah kamu apa itu key ??. Secara harfiah key adalah kunci, pada basis data key merupakan elemen dari record atau disebut jugaatribut atau field yang menjadi tanda pengenal dari masing-masing record dan umumnya digunakan untuk mengidentifikasi record tersebut.

Ada beberapa macam key dalam basis data, diantaranya :

1. Primary Key
   Primary Key adalah sebuah atribut yang bersifat unik yang dimiliki oleh sebuah record yang pasti berbeda dengan record yang lain. Ada syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh atribut untuk dapat menjadi sebuah primary key yaitu nilai field-nya harus berbeda untuk masing-masing record. Contoh : NPM (Nomor Pokok Mahasiswa) dan NIP (No Induk Pegawai).

2. Foreign Key
   Foreign Key merupakan sembarang atribut yang menunjuk kepada primary key pada tabel lain. Dengan kata lain foreign key merupakan sebuah primary key dari tabel yang digunakan di tabel lain. Contoh Id_Ortu yang menjadi primary key di tabel ortu menjadi foreign key di tabel mahasiswa.

3. Candidate Key
   Candidate Key adalah satu atau beberapa atribut pada sebuah yang memiliki nilai unik yang salah satunya nanti dapat dipilih menjadi primary key dari tabel tersebut. Contoh NIP dan No.KTP pada tabel karyawan.

4. Alternate Key
   Alternate Key adalah candidate key yang tidak terpilih atau tidak digunakan menjadi primary key. Key ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan primary key yaitu berjenis unique key. Mungkin saja primary key yang kita buat pada suatu tabel merupakan autonumber (angka yang bertambah terus-menerus ketika proses insert data, sehingga tidak dimungkinkan terdapat nilai yang sama), dikarenakan tidak diperbolehkan ada dua primary key maka dapat dibantu oleh alternate key ini sebagai penanda unique-nya antara sebuah record dengan record lain. Contoh pada tabel karyawan yang telah disebutkan sebelumnya apabila telah ditentukan bahwa yang menjadi primary key adalah NIP maka dengan sendirinya No.KTP akan menjadi alternate key pada tabel tersebut.

Leave a Reply