.: Konsep Basis Data :.

Sekarang mari kita belajar beberapa istilah dalam konsep sistem basis data ...

Dimulai dengan apa itu basis data ?? Basis data merupakan gabungan dari kata basis yang artinya gudang / tempat penyimpanan dan data adalah sebuah fakta yang dimiliki oleh obyek.
Jadi secara harfiah, basis data adalah sekumpulan file / tabel yang saling berhubungan yang berisi data-data dari sebuah obyek dan pada umumnya akan diolah menjadi sebuah informasi agar dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

Jenjang data pada basis data  :
      ------------
     / DATABASE  /        Database adalah kumpulan dari file
     ------------
          |
     ------------
     /   FILE    /        Tabel yaitu yang menghimpun sejumlah record.
     ------------
          |
     ------------
     /  RECORD  /        Record yaitu kumpulan dari sejumlah elemen data yang saling terkait.
     ------------
          |
     ------------
     /  FIELD   /        Field adalah menyatakan data terkecil atau sekumpulan data yang dimiliki oleh sebuah objek.
     ------------
          |
     ------------
     / CHARACTER /        Karakter merupakan bagian data yang terkecil dapat berupa numerik, huruf ataupun karakter khusus.
     ------------

Dalam basis data ada beberapa model data yaitu :
1. Model Data Hierarki
    Model data ini pada umumnya disebut juga dengan tree data structure (stuktur data pohon) karena menyerupai pohon yang dibalik. Simpul atau node yang memiliki cabang pada level dibawahnya disebut parent.
    Setiap parent dapat memiliki lebih dari satu cabang atau child akan tetapi child hanya bisa memiki satu parent. Parent yang paling tinggi disebut akar atau root.

2. Model Data Jaringan
    Model data ini mirip dengan model data hierarki hanya saja child pada model data ini dapat memiliki lebih dari satu parent.

3. Model Data Relasional
    Model data ini merupakan model data yang paling banyak digunakan. Hal pokok pada model ini adalah relasi yang diumpamakan sebagai himpunan dari record. Deskripsi data dalam istilah model data disebut skema. Pada model relasional, skema untuk relasi ditentukan oleh nama, nama dari tiap field (atau atribut atau kolom), dan tipe dari tiap field.

Penyimpanan data dengan DBMS (Database Management System) memiliki beberapa manfaat antara lain :
1. Performance yaitu dapat menyimpan dalam bentuk DBMS cukup besar, sangat jauh berbeda dengan performance data yang disimpan dalam bentuk flat file. Disamping memiliki kinerja yang lebih baik, juga akan didapatkan memberikan efisiensi penggunaan media penyimpanan dan memori.

2. Integritas data yaitu kelengkapan dan kebenaran data yang didapat sesuai dengan elemen-elemen yang dibutuhkan pada tabel yang tersedia akan lebih terjamin dengan penggunaan DBMS. Masalah redudansi sering terjadi dalam DBMS. Redudansi adalah kejadian berulangnya data atau kumpulan data yang sama dalam sebuah database yang mengakibatkan pemborosan media penyimpanan.

3. Independensi yaitu perubahan struktur database dimungkinkan terjadi tanpa harus mengubah aplikasi yang mengaksesnya sehingga pembuatan antarmuka ke dalam data akan lebih mudah dengan penggunaan DBMS.

4. Sentralisasi yaitu data yang terpusat sehingga akan mempermudah pengelolaan database. Kemudahan di dalam pemakaian DBMS dalam waktu bersamaan dan juga kekonsistenan data (urutan data yang didapat dari masing-masing objek pada setiap record sama antara record yang satu dengan record lainnya) yang diakses secara bersama-sama akan lebiih terjamin dari pada data disimpan dalam bentuk file atau worksheet yang tersebar.

5. Sekuritas. DBMS memiliki sistem keamanan yang lebih fleksibel daripada pengamanan pada file sistem operasi. Keamanan dalam DBMS akan memberikan keluwesan dalam pemberian hak akses kepada pengguna.

Leave a Reply