Istilah - istilah dalam Organisasi Komputer

Beberapa hari yang lalu ditanya beberapa istilah berikut :

Iso-chronous : Salah satu fungsi USB yang digunakan untuk pengiriman data yang terkirim secara terus menerus atau yang disebut juga data streaming. Salah satu contoh Isochronous adalah speaker.

GATT (General Agreement on Tariffs and Trade) : Sebuah perjanjian dalam perlindungan atas hak cipta sebuah perangkat lunak (software) dan program komputer atau dalam bahasa sehari-hari kita sebut sebagai *copyrigth*.

Arbitrase(i) : Sebuah metode untuk mengontrol BUS yang tujuannya adalah untuk menugaskan sebuah perangkat, baik CPU atau modul I/O, bertindak sebagai master. Kemudian master dapat memulai transfer data (misalnya, membaca atau menulis) dengan menggunakan perangkat-perangkat lainnya, yang bekerja sebagai slave bagi pertukaran data.

IRQ (Interrupt Request) : Sebuah sinyal interupsi yang khusus berasal dari perangkat keras (hardware) komputer yang diberikan pada mikroprosesor.


Multi Thread : Kemampuan dari sistem operasi untuk menjalankan banyak (dua atau lebih) program sekaligus dalam satu proses tunggal.

Cache : penyimpanan data sekunder berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data/instruksi yang sering diakses. Memori cache dimaksudkan untuk memberi kecepatan memori yang mendekati memori yang paling cepat yang bisa diperoleh, dan pada waktu yang sama menyediakan kapasitas memori yang besar

VESA (Video Electronics Standards Association) : Sistem BUS pada PC yang merupakan sebuah jalur cepat antara Video Card dengan Memory

MCA (Micro Channel Architecture) : Sistem BUS yang merupakan pengembangan dari ISA yang digunakan untuk melewatkan 32-bit data

DMA (Direct Memory Access) : Sebuah processor khusus (special purpose processor) yang berguna untuk menghindari pembebanan CPU utama untuk program I/O.

SCSI (Small Computer System Interface) : Sebuah ukuran standar untuk menghubungkan secara fisik dan mentransfer data antara komputer dan sekitarnya (periferal)

Penjelasan diambil dari berbagai sumber.

Leave a Reply