Ikhlaskan Hati ...

Dulu.. orangtuaku pernah mengatakan, " Nak, kalau melakukan sesuatu apapun itu harus ikhlas. Kalau kamu nggak ikhlas, percuma.. kamu cuma akan dapat rasa capek. Nggak dapat pahala, nggak dapat ridlo dari Allah "

Ikhlas ...

Apa itu ikhlas .. ?? aku tak pernah tahu pasti arti dari kata itu ... tapi di posting pertama ini aku ingin sekali mengatakan pendapatku tentang apa itu ikhlas .

Yang aku tahu, ikhlas itu adalah ketika semua perbuatan yang kita lakukan semata-mata hanya mengharap ridho Allah. Tak peduli apapun yang terjadi pada diri kita akan tetapi apabila ketika apa yang kita lakukan benar-benar diniatkan untuk semata-mata karena Allah ..., itulah IKHLAS.

Dalam beribadah, sebagai umat islam kita diwajibkan agar senantiasa berbuat ikhlas di setiap amal ibadah kita. Niat untuk ikhlas beribadah hanya karena Allah SWT. merupakan syarat utama dalam semua ibadah kita. Akan menjadi hal yang percuma apabila kita beribadah hanya karena ingin didengar atau dilihat oleh yang lain atau bahkan hanya karena ingin dianggap sebagai orang yang alim oleh orang-orang disekitar kita. Allah berfirman yang artinya :

“Maka sembahlah Allah dengan mengikhlaskan agama kepada-Nya.” (Qs. Az Zumar: 2)

Dalam kehidupan sehari-hari, sebagai manusia hendaknya kita senantiasa ikhlas dalam membantu sesama. Akan menjadi hal yang percuma apabila kita membantu sesama tapi nggak ikhlas, ujung-ujungnya cuma akan dapat celaan. Membantu teman tapi kemudian berkata, "Masa' kaya gitu aja nggak bisa !!" atau membantu teman tapi kemudian disebarin ke teman-teman yang lain mengatakan "Alah ... kerjaannya si anu itu aku yang bantuin kok !! Makanya bisa selesai ".

Dalam urusan cinta, ada seseorang berkata " Kita sangat jarang menang.. Tapi ketika cinta itu tulus, Meskipun kalah, kamu tetap menang hanya karena kamu berbahagia.. dapat mencintai seseorang.. lebih dari kamu mencintai dirimu sendiri.." Akan tiba saatnya dimana kamu haru berhenti mencintai seseorang bukan karena orang itu tidak mencintai kita. Melainkan karena kita menyadari bahwa orang itu akan lebih berbahagia apabila kita melepaskannya. Mampukah kita ikhlas melepaskan orang yang selama ini sangat kita sayangi ??? Karena kata orang, sejatinya cinta adalah bermuara kepada keridloan-Nya.

Satu hal yang pasti yang selama ini aku dapat dari semua pendapat orang yang pernah aku baca maupun aku dengar yaitu ... "Ikhlas itu bukan sebuah perbuatan yang mudah dilakukan. Akan tetapi dengan tetap meyakini bahwa apapun yang terjadi Allah akan tetap bersam kita, maka tentu ... Dia akan selalu menunjukkan jalan-Nya agar kita semua mampu ikhlas"

Leave a Reply