“Assalamu’alaikum” ... bukan sekedar sapaan


Setelah pada tulisan sebelumnya, membahas tentang kata "Aamiin" berikut saya bahas mengenai kata "Assalamu'alaikum". 

Pernah ngga kamu memberi salam kepada orang lain dengan tulisan ??? Seperti  ini ----> "Assalamu’alaikum".  Atau malah dengan kata "ass", "mlekom" :-( . Ngerti ngga kata “Ass” dalam bahasa Inggris artinya “Pantat” sedangkan kata "mlekom" dalam bahasa slovenia artinya "susu" (kalo ngga percaya cek disini ). 

"Assalamu’alaikum" ... bukan sekedar sapaan, kenapa saya bilang kaya gini ??? Mungkin sebelum saya memberikan alasan, ada poin penting yang ingin saya beri tahu berkaitan dengan jawaban yang nantinya kuberikan yaitu :
  • Sebagai manusia yang beradab, tentunya kita akan menyapa orang yang kita kenal jika bertemu (berpapasan) di jalan atau dimana saja. Minimal say "Haaiiii" atau "Hallloo ..." atau memanggil namanya. Kalo dalam bahasa daerah sebagai contoh ungkapan sapaan di Madura adalah “gelenon” atau “ngapora”, ungkapan sapaan di Jawa adalah “permisi” atau “nuwun sewu” (nggg ... tulisannya bener ngga ??). Ungkapan ini juga diucapkan apabila kita melewati rumah orang lain dan kebetulan tuan rumah sedang berada di depan teras.
  • Ungkapan (ucapan) yang ada pada poin pertama, kadang juga diucapankan apabila kita ingin meminta izin masuk ke dalam ruangan atau rumah orang lain karena hal ini sudah dianggap sebagai adat yang bisa dikatakan hukumnya adalah “wajib”. Hal ini dikarenakan apabila kita tidak mengucapkannya, kita akan dianggap sebagai orang yang tidak tau adat dan tidak mempunyai sifat kesopanan atau bahkan kita akan dipandang negatif.

Sebagai Umat Islam, kita juga mempunyai ucapan yang dapat kita pakai apabila kita bertemu dengan saudara kita (sesama muslim) yaitu “Assalamu’alaikum“. Ucapan ini tidak hanya sekedar sapaan, tetapi sekaligus sebagai “Doa” untuk orang yang kita sapa. Malah didalam Islam, juga mewajibkan kepada orang untuk membalas ucapan “Assalamau’alaikum” dengan “Wa’alaikumsalam” yang maknya bahwa orang tersebut juga mendoakan orang yang memberi salam. Juga disebutkan dalam sebuah Hadits (dapat dilihat pada kitab bulughul maram) bahwa memberi salam dengan ucapan “Assalamu’alaikum” adalah Hak bagi orang Islam dan menjawab salam dengan ucapan “Wa’alaikumsalam” adalah Kewajiban yang mana kalau tidak dilakukan akan berdosa.

Kalo boleh kasih saran jangan sekali-kali kita memberi salam dengan tulisan "ass", "mlekom" karena Jadi biar tidak salah paham, sebaiknya kita mengucapkan salam dengan semestinya “Assalamu’alaikum“.

Semoga Allah selalu memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita. Aaamiiin….

Taken from here.

Leave a Reply