ADBO - 1

Ini catatan kuliah ADBO -ku yang pertama ... (males nyatet ulang, jadi tak catet disini aja ..)

Inisial Desain yang baik seharusnya memiliki sifat :
1. Flexibility : Kemampuan dari system untuk mengatasi semua event (kejadian) yang tidak diinginkan atau tidak kita perhitungan.
2. Resilience : Kemapuan system untuk menangani perubahan ketika dilakukan maintenance tanpa adanya permasalahan yang muncul.

Object Oriented
* Benefit / Keuntungan :
- System stability (sistem lebih stabil)
- Maintain Ability (Proses maintain tidak terlalu rumit karena system sudah terbagi berdasarkan Class tertentu)
- Reusable Software Component (Komponen bisa diakses berulang-ulang / tidak perlu membuat komponen tiap kali diperlukan jika ternyata komponen tersebut sebelunya sudah dibuat)
- Reality Based System (System yang ada dibuat berdasarkan pada apa yang ada di dunia nyata)
- Data Accessitality (Akses data lebih mudah)
- User Involvement & ownership (memberikan kemudahan bagi user)

SDLC (Software Development Life Circle)
1. Planning (perencanaan mengapa system tersebut dibangun). State :
- Identifiying Bussiness Value
- Analysis visibility study (studi kelayakan software)
- Develope Plain
- Pembentukan staf pegawai (perekrutan)
2. Analysis (when, who, what / Apa yang akan dilakukan sistem ). State :
- Information Gathering (proses mendapatkan informasi)
- Use case Modelling
3. Design (Bagaimana sistem tersebut dapat bekerja). State :
- System design
- Develope packet program
- Membangun Interface
- Merancang Database
4. Implementasi. State :
- Construction
- Instalation
- Support

Object Technology
Sekumpulan dari prinsip-prinsip yang akan menjadi panduan (tool,bahasa pemrograman yang dipakai untuk membangun system)

Objek : representasi dari entity baik dari software maupun konsep.
state : Attribut entity (kondisi yang dimiliki objek) bisa berubah-ubah sesuai waktu.
Behaviour : Menunjukkan bagaimana suatu objek dalam melakukan aksi dan reaksi.

enkapsulasi
State + Behaviour -------------> Objek

Entity tidak memiliki state & behaviour.

Basic Principle of Object Orientation.
1. Abstraksi (Abstraction) : Karakteristik essensial dari entity yang tidak sama dengan entity yang lain.
2. Enkapsulasi (Encapsulation) : Menyembunyikan detail dari objek (Hide Implementation fron User)
3. Modularitas (Modularity) : Memecah sesuatu yang komplek menjadi sub-sub / modul-modul sehingga memudahkan dalam memanagenya
4. Hierarchy : Berhubungan dengan abstraksi (pemecahan abstraksi)

One Response so far.

  1. vrn says:

    aduh.... baiknya.... di catat d blok....
    eh mba' kebetulan Q juga males nyatet so Q ngopas aja yow....

Leave a Reply