<!-- @page { size: 21.59cm 27.94cm; margin: 2cm } P { margin-bottom: 0.21cm } -->
Model & Modelling
1. Definisi
Data merupakan bentuk plural dari bahasa latin “Datum” yang artinya fakta. Jadi data adalah “raw facts” yaitu fakta yang masih mentah atau belum diolah.
Informasi adalah data yang telah diproses sehingga memiliki nilai lebih dan mempunyai arti. Biasanya hal ini diperlukan untuk membuat keputusan.
Model adalah representasi penyederhanaan dari realita yang kompleks. Biasanya digunakan untuk mengerti atau memahami realiti tersebut dan mempunyai feature yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Pada umumnya tujuan dibuat model adalah:
1. Penyederhanaan realita
2. Untuk memahami realita yang komplek
3. Mendapatkan feature yang kita butuhkan
Sifat umum yang dimiliki model adalah :
Memiliki ukuran yang lebih kecil
Mirip dengan bentuk aslinya
Dibuat dari bahan yang berbeda
Dapat berbuat sesuatu seperti aslinya (walaupun tidak secara keseluruhan)
Abstraksi adalah proses fokus terhadap feature yang kita perlukan dan kita menghiraukan yang tidak kita butuhkan
2. Model sebagai alat bantu
The pervasiveness of models
Equation
Simulasi (game, video)
Phisical model
Mental model
1. Dibuat untuk mengerti sesuatu
2. Model dapat berupa :
Child first model : penggunaan model untuk mengetahui respon bayi terhadap sesuatu hal yang baru diterimanya (dilakukan dengan pendekatan objek).
Dalam penggunaan model sebagai alat bantu, pendekatan dengan objek merupakan cara yang paling natural dan efektif untuk dapat memahami dan menangani hal yang komplek
3. Metode-metode awal (premodelling)
SDLC (Software Development Life Cycle)
- Analisis → What user need system to do.
- Design → Plan how system do it.
- Konstruksi → Write at test code.
- Implementasi → Installing, training.
1950s – 1960s :
System analis sukar dimengerti
Permasalahan utama tidak kita pahami
Fokus pada solusi
Efisien (Doing the job right) VS efektifitas (Doing the right job)
2. Tidak terorganisasi
1. Tidak terstruktur :
1960s -
Keuntungan (benefit)
1. Memasukkan organisasi
2. Completeness cek
Permasalahan (problem)
1. Desain berdasarkan output
2. Sukar untuk berubah jika ada permintaan
3. Perubahan yang kecil menimbulkan berubahnya keseluruhan system
4. Maintenance masih jadi kendala
Models in system development
Listening skills : tool atau alat yang efektif ketika menganalisa dan mendesain system. Tiga hal yang dibutuhkan untuk memahami user :
Melakukan dokumentasi apa yang telah kita pelajari.
Berkomunikasi dengan user.
Untuk meyakinkan menggunakan tool yang tepat.
Memberikan gambaran yang tepat bagaimana user mengoprasikan system.
Interviewing and listening skills
Mendapatkan semua informasi yang kita butuhkan.
Sehingga model kita sangat komplit dan akurat.
1. Modelling Notation :
2. Modelling Techniques :
3. People Sensivity
- User vision of ouput report
- Melalui kalkulasi data
Functional Decompostion : pemecahan fungsi-fungsi yang besar menjadi sub-sub yang lebih kecil untuk memudahkan apabila terjadi suatu masalah pada saat maintenance system.
Make Me Smile
Selamat Idul Fitri 1429H
Mohon maaf lahir dan batin
san...
kayak kuliah...
lebih bisa dimengerti dunk bahasa e
kayak pak yazid ja slow motion....
@ar00m
sepakat...